Bab III Metodologi

Bab III

Metodologi

3.1. Metode Penelitian (jenis penelitian)

Metode penelitian  yang penulis gunakan adalah  penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang gejala, variabel, atau  keadaan yang ada.

3.2. Waktu dan tempat

Berdasarkan penelitian waktu dan tempat yang di lakukan yaitu :

–          Alfamart karena mini market yang paling banyak tersebar di berbagi lokasi.

–          Alfamart Bekasi karena paling banyak dan salah satu pusat keramaian penduduknya.

–          Sabtu dan Minggu karena pada hari tersebut orang-orang yang beraktifitas sperti orang bekerja sebagian besar libur dan menghabiskan waktu bersama keluarganya salah satunya berbelanja keperluan sehari-hari.

–          Jam 1600 – 2100 karena waktu tersebut rata-rata orang berbelanja karena suasana alamnya sudah tidak panas.

–          Ibu-ibu, Bapak-bapak, Anak Remaja di pilih secara random.

 

3.3. Populasi dan sampel

Populasi yang di ambil 50 responden dari hasil random yaitu dari berbagai   tempat tinggalnya karena di ambil sampel random.

 

3.4. Teknik Pengumpulan Data

  1. Obyek penelitian

Dalam penelitian ilmiah ini penulis memilih objek penelitian para konsumen pada Alfamart Bekasi Utara.

 

  1. Data / Variabel

Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada konsumen Alfamart Bekasi.

 

  1. Pengumpulan data / variabel
    1. Wawancara yaitu dengan mendatangi dan memberikan pertanyaan kepada pelanggan.
    2. Kuesioner yaitu dengan membagikan kertas yang berisi tentang pertanyaan – pertanyaan.

 

  1. Analisa skala likert

Di gunakanuntuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Alfamart, dengan memilih salah satu pilihan jawaban. Sekala likert merupakan skala yang memberikan sekor 1-5, untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap serangkaian pada kuesioner.

 

Reset terdahulu

Di lakukannya penelitian faktor – faktor yang mempengaruhi orang – orang merasa puas terhadap pelayanan mini market. Ketersediaan produk, harga produk, adanya promo discount, keramahan petugas, lokasi sangat terjangkau.

 

Kategori penilain dan besar bobot

Keterangan

Bobot

Sangt Setuju

5

Setuju

4

Netral

3

Tidak Setuju

2

Sangt Tidak Setuju

1

 

Rumus yang di gunakan dalam skala likert :

  1. Hasil = ( Jumlah sktor * jumlah sempel ) / jumlah pertanyaan
  2. Jarak = nilai tertinggi – nilai terendah
  3. Interval = jarak / banyak kelas

 

Tugas di berikan oleh Pak Prihantoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: