Metode Riset 2

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Fenomena :

Pada abad 21 era teknologi semakin memberikan akses kemudahan bagi manusia. Manusia pada dasarnya juga menginginkan perubahan teknologi tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses pemenuhan kebutuhan terutama kebutuhan primer dan sekunder dimana mereka hanya perlu mencarinya di dalam satu tempat lalu mengambil serta membayarnya dengan cepat hanya dalam satu tempat saja.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang maju dan berkembang berbentuk usaha eceran yang mengalami perkembangan yang cukup pesat adalah Supermarket dan Departement Store. Hampir di setiap Ibu Kota Propinsi dan kota – kota besar lainnya bermunculan Pasar Swalayan dan Departement store dengan berbagai fasilitas dan pelayanan semakin lengkap untuk menghadapai persaingan ini dan agar tetap ramai di kunjungi konsumen. Maka perusahaan harus melakukan banyak cara untuk menarik minat calon konsumen maupun konsumen yang setia.

Dengan cara memberikan ciri – ciri produk maka konsumen lebih cepat ingat dengan produk trsebut,  juga memberikan harga dan kualitas yang terjamin. Dalam hal ini tentu saja strategi pemasaran yang baik harus di gunakan oleh mini market tersebut dimana kepuasan konsumen haruslah termasuk ke dalam salah satu indicator keberhasilan penjualan mereka, maka penulis mencoba mengambil judul dari penelitian ini dengan judul “ ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ALFA MART BULAK MACAN BEKASI “

Riset terdahulu :

Di lakukannya penelitian faktor – faktor yang mempengaruhi orang – orang merasa puas terhadap pelayanan mini market alfa mart.

–          Sri Rahayu Ningsih (2011)

Kehandalan , daya tangkap,  kepastian, perhatian, bukti wujud (bukti fisik)

–          Menurut Ade Rachmawati Nurfitri (2011)

Ketersediaan produk, harga produk, adanya promo discount, keramahan petugas, lokasi sangat terjangkau

–          Menurut Dohot persadaan pangihuta (2010)

Ketersediaan produk, harga produk, adanya promo discount, keramahan petugas, lokasi sangat terjangkau

Ketersediaan produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 29 responden atau 58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2 responden atau 4%, sangat tidak setuju 0 responden.

Harga produk sangat setuju 6 responden atau 12%, setuju 11 responden atau 22%, netral 16 responden atau 32%, tidak setuju 17 responden atau 34%, sangat tidak setuju 0 responden.

Adanya promo discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 16 responden atau 32%, netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden atau 16%, sangat tidak setuju 0 responden.

Keramahan petugas ketika pembeli hendak masuk dan keluar pintu sangat setuju 5 responden atau 10%, setuju 24 responden atau 48%, netral 13 responden atau 26%, tidak setuju 7 responden atau 14%, sangat tidak setuju 1 responden atau 2%.

Lokasi sangat setuju 16 responden atau 32%, setuju 28 responden atau 56%, netral 6 responden atau 12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak setuju 0 responden.

Motivasi penelitian :

–          Berdasarkan fenomena dan riset terdahulu dari Sri Rahayu Ningsih (2011), Menurut Ade Rachmawati Nurfitri (2011), Menurut Dohot persadaan pangihuta (2010) serta rekomendasi penelitian langkah dari Sri Rahayu Ningsih (2011), Menurut Ade Rachmawati Nurfitri (2011), Menurut Dohot persadaan pangihuta (2010) maka penelitian dalam mengkaji faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen merupakan motivasi penelitian ini dengan judul “ ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ALFA MART BULAK MACAN BEKASI “

Masalah :

Dari uraian di atas maka permasalahan permasalahan yang dapat di rumuskan adalah  sebagai berikut : Berapa besarkah tingkat kepuasan konsumen mini market alfa mart yang berada di bulak macan Bekasi untuk berbelanja ?

Kemampuan alfa mart dalam memberikan pelayanan bagi para konsumen terhadap barang, kualitas barang, fasilitas tempat, serta pelayanan pegawai alfa mart.

Tujuan Peneliti :

  1. Memberi gambaran singkat perusahaan tentang pelayanan yang diberikan alfamart terhadap konsumen apakah telah memuaskan konsumennya.
  2. Untuk mengetahui  hal – hal atau atribut – atribut apa saja  yang mempengaruhi konsumen dalam memilih alfamart dalam belanja.
  3. Untuk alat perbandingan peneliti selanjutnya.
  4. Untuk perusahaan sebagai alat ukur kepuasan konsumen dalam berbelanja.

Pustaka :

Rahayu, Sri Ningsih. (2011). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN INDOMARET TERWARALABA SEKAR NARESWARI CIBUBUR

Rachmawati, Ade Nurfitri. (2011). Analisis Manajemen Pelayanan Mini Market dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Konsumen (Sawangan –Depok)

Persadaan, Dohot pangihuta.(2010). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Alfa Mart Mekarsari.

Tugas ini di berikan oleh Pak Prihantoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: