Tugas Metode Riset 2

Judul                : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Alfamart Tebet

Nama              : Appandy Zarkasie

Tahun             : 2011

Tema               : Kepuasan Konsumen

Latar Belakang            :

Pada abad 21 era teknologi semakin memberikan akses kemudahan bagi manusia. Manusia pada dasarnya juga menginginkan perubahan teknologi tersebut untuk memberikan kemudahan dalam proses pemenuhan kebutuhan terutama kebutuhan primer dan sekunder dimana mereka hanya perlu mencarinya di dalam satu tempat lalu mengambil serta membayarnya dengan cepat hanya dalam satu tempat saja. Oleh karena itu di zaman sekarangini para pelaku bisnis banyak yang mendirikan tempat belanja yang kita kenal dengan mini market salah satunya adalah alfamart. Di Indonesia sendiri persaingan tempat belanja sangatlah ketat sehingga pelaku bisnis harus bisa memberikan kepuasan kepada konsumen  dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Metode Penelitian

  1. Study lapangan dengan wawancara langsung dan pengamatan langsung di tempat penelitian serta memberikan kuesioner
  2. Study kepuasan mencari sumber – sumber mengenai bahasan ini melalui buku-buku yang menyangkut penelitian ilmiah ini
  3. Analisis memakai metode koefisienen korelasi berdasarkan hasil yang diperoleh dari jawaban yang di berikan oleh responden

Manfaat Penelitian

Agar mahasiswa yang lain dapat mengetahui dan menerapkan pengetahuan yang diperoleh di perguruan tinggi serta menambah wawasan secara lebih mendalam mengenai topic yang di bahas. Secara langsung alfamart agar dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.

Masalah :

Kemampuan alfamart dalam memberikan pelayanannya bagi kepuasan para konsumen terhadap harga barang , kualitas barang, fasilitas tempat, serta pelayanan pegawai alfamart.

Tujuan :

Memberi gambaran singkat perusahaantentang pelayanan yang diberikan alfamart terhadap konsumen apakah telah memuaskan konsumennya.

Hipotesis :

Ho : Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart Tebet.

Ha : Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart Tebet.

Alat Analisis Yang Digunakan

Adapun cara yang penulis gunakan untuk menganalsis data yaitu dengan menggunakan Skala Likert dan Metode Chi Square.

Hasil dan Kesimpulan :

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap alfamart Tebet  berdasarkan analisis dari kelima dimensi, dimensi kehandalan mempunyai X2 hitung = 106,85, dimensi daya tangkap mempunyai X2 hitung = 48,72, dimensi kepastian X2 hitung = 50,64, dimensi perhatian mempunyai X2 hitung 56,88, dan dimensi bukti wujud dengan X2 hitung = 107,32.

Analisis :

yang dilakukan terhadap kualitas pelayanan terlihat baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan Chi Square X2 hitung = 342,885 yang berarti Terima Ha, begitu juga dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Skala Likert sama yaitu Terima Ha. Ini berarti konsumen secara umum telah merasa puas dilihat dari tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan dengan melihat 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik yang ada. Dengan memiliki tingkat kesesuaian lebih dari 90% (95,18%). Sehingga pelayanan yang diberikan secara umum sesuai dengan harapan konsumen.

Judul                : Analisis Manajemen Pelayanan Mini Market dalam peningkatan kualitas pelayanan  kepada konsumen  (Sawangan – Depok )

Nama              : Ade Rachmawati Nurfitri

Tahun             : 2011

Tema               : Kepuasan Konsumen

Latar Belakang            :

Pelayanan yang dilakukan perusahaan kepada konsumen merupakan faktor yang sangat penting dalam mengembangkan perusahaan sekaligus mempertahankan konsumen yang ada. Hal tersebut harus dilakukan perusahaan ,baik perusahaan sekala kecil, menengah dan perusahaan besar. Perusahaan menghendaki konsumen tetap setia kepada perusahaan untuk jangka panjang. Dan untuk itu perusahaan harus memfokoskan setiap keputusan dan tindakan yang dilakukan adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Maka perusahaan harus melalukan banyak cara untuk menarik minat calon konsumen maupun konsumen yang setia.

Metode  Penelitian

  1. Sekala likert. Sekala likert adalah pengujian yang memungkin kan responden menjawab dalam berbagai tingkatan pada sebuah butir pertanyaan.
  2. Analisa skala likert di gunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumenterhadap pelayanan alfamart, dengan memilih salah satu pilihan jawaban.

 

Kategori penilain dan besar bobot

Keterangan

Bobot

Sangat Setuju

5

Setuju

4

Netral

3

Tidak Setuju

2

Sangat Tidak Setuju

1

 

 

 

 

– Rumus yang di gunakan dalam skala likert :

  1. Hasil = ( Jumlah sktor * jumlah sempel ) / jumlah pertanyaan
  2. Jarak = nilai tertinggi – nilai terendah
  3. Interval = jarak / banyak kelas

Manfaat Penelitian

  1. Pengukuran dapat di jadikan dasar untuk menentukan standar kinerja, yang dapat mengarahkan perusahaan terhadap peningkatan mutu dan kepuasan konsumen
  2. Agar dapat memotivasi untuk meningkatkan produktivitas
  3. Memberikan umpan balik kepada perusahaan

Masalah :

Apakah alfamart ada faktor ketersediaan produk, waktu buka dan tutup, keramahan petugas, lokasi, kenyamanan, adanya promo discount yang dapat memberikan pelayanan kepuasan kedada konsumen.

Tujuan :

Agar mengetahui apakah konsumen setuju terhadap pelayanan yang di terapkan di alfamart sawangan Depok.

Hipotesis :

Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok.

Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok.

Hasil dan Analisis :

Berdasarkan hasil kuesioner yang di peroleh dari 50 responden dengan menggunakan skala likert dari faktor-faktor ketersediaan produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 29 responden atau 58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2 responden atau 4%, sangat tidak setuju 0 responden.Berdasarkan harga produk sangat setuju 6 responden atau 12%, setuju 11 responden atau 22%, netral 16 responden atau 32%, tidak setuju 17 responden atau 34%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan adanya promo discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 16 responden atau 32%, netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden atau 16%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan keramahan petugas ketika pembeli hendak masuk dan keluar pintu sangat setuju 5 responden atau 10%, setuju 24 responden atau 48%, netral 13 responden atau 26%, tidak setuju 7 responden atau 14%, sangat tidak setuju 1 responden atau 2%. Berdasarkan lokasi sangat setuju 16 responden atau 32%, setuju 28 responden atau 56%, netral 6 responden atau 12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak setuju 0 responden.

Analisis :

Berdasarkan analisis pembahasan yang dilakukan dengan metode skala likert diperoleh adalah konsumen menyatakan setuju terhadap pelayanan yang di terapkan pada mini market Alfamart. Dengan menggunakan skala likert diperoleh jumlah keseluruhan dengan rata –rata nilai 182,58 dengan kategori setuju.

Rekomendasi :

  1. Pelayanan pada alfamart sebaiknya ditambahkan dengan fasilitas pesan belanja melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing dan memper mudah pembelanjaan bagi konsumen.
  2.  Persediaan barang pada alfamart agar dapat disajikan  lebih lengkap agar apa yang diinginkan konsumen pada saat mencarinya di alfamart dapat dipenuhi  dan konsumen tidak kecewa saat mengunjunginya.

Sumber : majalah UG Jurnal

Judul                : Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Mekarsari

Nama              : Dohot Persadaan Pangihuta

Tahun              : 2010

Tema               : Kepuasan Konsumen

Latar Belakang            :

Perkembangan perekonomian memegang peranan penting dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Seirng dengan pertumbuhan ekonomi yang maju dan berkembang berbentuk usaha eceran yang mengalami perkembangan yang cukup pesat adalah Supermarket dan Departement store. Hampir di setiap Ibu Kota Propinsi dan kota – kota besar lainnya bermunculan pasar swalayan dan Departement store dengan berbagai fasilitas dan pelayanan semakin lengkap untuk menghadapai persaingan ini dan agar tetap ramai di kunjungi konsumen, maka pasar swalayan harus melakukan berbagai jenis upaya dalam kegiatan pemasyarakatan.

Metode Penelitian

  1. Obyek penelitian

Dalam penelitian ilmiah ini penulis memilih objek penelitian para konsumen pada Lemon Grass di Food Court Depok Town Square.

  1. Data / Variabel

Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer. Data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada konsumen Lemon Grass.

  1. Pengumpulan data / variabel
    1. Wawancara yaitu dengan mendatangi dan memberikan pertanyaan kepada pelanggan.
    2. Kuesioner yaitu dengan membagikan kertas yang berisi tentang pertanyaan – pertanyaan.

Manfaat Penelitian

  1. Bagi perusahaan sebagai masukan yang lebih baik kepada perusahaan dalam melaksanakan keputusan – keputusan pemasaran dan dalam menentukan kebijakan perusahaan selanjutnya agar menjadi lebih baik.
  2. Bagi penulis untuk menambah pengetahuaan serta memperluas wawasan dan bahan perbandingan penelitian selanjutnya.

Masalah :

Hal – hal apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih alfamart mekarsari untuk belanja ?

Tujuan :

Untuk mengetahui  hal – hal atau atribut – atribut apa saja  yang mempengaruhi konsumen dalam memilih alfamart mekarsari dalam belanja.

Hipotesis :

Konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok.

Konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan alfamart sawangan Depok.

Hasil dan Analisis :

Berdasarkan hasil kuesioner yang di peroleh dari 50 responden dengan menggunakan skala likert dari faktor-faktor ketersediaan produk menyatakan sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 29 responden atau 58%, netral 8 responden atau 16%, tidak setuju 2 responden atau 4%, sangat tidak setuju 0 responden.Berdasarkan harga produk sangat setuju 6 responden atau 12%, setuju 11 responden atau 22%, netral 16 responden atau 32%, tidak setuju 17 responden atau 34%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan adanya promo discount sangat setuju 11 responden atau 22%, setuju 16 responden atau 32%, netral 15 responden atau 30%, tidak setuju 8 responden atau 16%, sangat tidak setuju 0 responden. Berdasarkan keramahan petugas ketika pembeli hendak masuk dan keluar pintu sangat setuju 5 responden atau 10%, setuju 24 responden atau 48%, netral 13 responden atau 26%, tidak setuju 7 responden atau 14%, sangat tidak setuju 1 responden atau 2%. Berdasarkan lokasi sangat setuju 16 responden atau 32%, setuju 28 responden atau 56%, netral 6 responden atau 12%, tidak setuju 0 responden, sangat tidak setuju 0 responden.

Analisis :

Berdasarkan analisis pembahasan yang dilakukan dengan metode skala likert diperoleh adalah konsumen menyatakan setuju terhadap pelayanan yang di terapkan pada mini market Alfamart. Dengan menggunakan skala likert diperoleh jumlah keseluruhan dengan rata –rata nilai 182,58 dengan kategori setuju.

Rekomendasi :

  1. Pelayanan pada alfamart sebaiknya ditambahkan dengan fasilitas pesan belanja melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing dan memper mudah pembelanjaan bagi konsumen.
  2.  Persediaan barang pada alfamart agar dapat disajikan  lebih lengkap agar apa yang diinginkan konsumen pada saat mencarinya di alfamart dapat dipenuhi  dan konsumen tidak kecewa saat mengunjunginya.

Sumber : http://library.gunadarma.ac.id/

Tugas ini di berikan oleh Pak Prihantoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: