Kereta Jepang

Kereta Tercepat di Dunia

 

Tōkaidō Shinkansen adalah jalur kereta kecepatan tinggi Shinkansen antara Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka yang dioperasikan JR Central. Stasiun ini dibuka pada tahun 1964, bersamaan dengan diselenggarakannya Olimpiade Tokyo. Dengan jumlah 4,5 miliar penumpang yang tercatat pada Maret 2007, jalur ini adalah jalur kereta kecepatan tinggi yang paling banyak digunakan di dunia.

Kereta kecepatan tinggi adalah transportasi massal dengan menggunakan rel dengan kecepatan di atas 200 km/jam (125 mil/jam).

Biasanya kereta kecepatan tinggi berjalan dengan kecepatan antara 250 km/jam (150 mil/jam) sampai 300 km/jam (180 mil/jam). Meskipun rekor kecepatan dunia untuk kereta beroda dipecahkan pada tahun 1990 oleh kereta Prancis TGV yang mencapai kecepatan 515 km/jam (320 mpj), sedangkan kereta maglev eksperimen Jepang telah mencapai kecepatan 581 km/jam.

Shinkansen juga sering dipanggil kereta peluru) adalah jalur kereta api cepat Jepang yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways.

Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam.

Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut.

Sejarah

Pembangunan Tōkaidō Shinkansen dimulai pada 20 April 1959 dan memulai operasi pada 1 Oktober 1964. Kala itu perjalanan dari Tokyo ke Shin-Osaka ditempuh dalam empat jam. Setahun kemudian masa tempuh ini diperbaiki menjadi 3 jam 10 menit. Pada tahun 2007, perjalanan dari Tokyo ke Shin-Osaka hanya memerlukan 2 jam 25 menit. Jumlah penumpang yang diangkut mencapai 100 juta pada tahun 1967, 1 miliar pada 1976, dan 4,16 miliar pada tahun 2004.

Jenis layanan dan kereta

Ada tiga jenis layanan pada jalur ini: Nozomi, Hikari, dan Kodama. Jenis Nozomi yang merupakan yang tercepat diperkenalkan pada tahun 1992 sementara Hikari dan Kodama (paling lambat) telah ada sejak tahun 1964. Layanan jenis Kodama berhenti di seluruh stasiun.

Rangkaian kereta yang digunakan saat ini adalah:

  • Seri 300 Nozomi / Hikari / Kodama
  • Seri 500 Nozomi
  • Seri 700 Nozomi / Hikari / Kodama
  • Seri N700 Nozomi / Hikari

Informasi

Jenis Shinkansen

Lokasi Jepang

Depo Tokyo Shin-Osaka

Jumlah stasiun 17 Operasi

Dibuka 1 Oktober 1964

Pemilik JR Central

Operator JR Central / JR West

Rangkaian Seri 300/500/700/N700 Data teknis

Panjang jalur 515,4 km

Lebar sepur 1.435 mm

Listrik 25 kV AC, 60 Hz, overhead catenary

Kecepatan operasi 270 km/jam

 

http://id.wikipedia.org/wi

 

ki/T%C5%8Dkaid%C5%8D_Shinkansen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: